Breaking News

BNPT: Kearifan Lokal Bisa Cegah Radikalisme dan Terorisme


JAMBI - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memandang bahwa kearifan lokal dapat menanggulangi berkembangnya paham radikal dan terorisme di tengah kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut disampaikan Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Andi Intang Dulung.
"Dalam penelitian yang kita lakukan, kearifan lokal bisa menanggulangi terorisme dan mencegah berkembangnya terorisme kita lakukan dari keluarga," kata Andi saat menghadiri Rembuk Aparatur Kelurahan dan Desa tentang Literasi Informasi melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Jambi, melansir dari Antaranews, Kamis (4/7/2019).
Dia menjelaskan, penyebab berkembangnya terorisme salah satunya adalah teknologi informasi, di mana masyarakat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi yang belum tentu benar.
Dalam rembuk aparatur kelurahan dan desa yang dihadiri puluhan Babinsa dan Babinkamtibmas serta lurah dan aparat desa di wilayah Jambi tersebut, dirinya juga menekankan pentingnya menanamkan secara kuat ideologi bangsa yakni Pancasila.
"Jadi, tetap kuat dengan ideologi bangsa yakni Pancasila. Jadi keberagaman itu adalah kekuatan mencegah radikalisme," kata Andi Intang Dulung.
Saat ini kondisi masyarakat Jambi aman dan damai, namun tidak boleh lengah. Sebab strategi terorisme bukan berkumpul ramai-ramai, tapi mereka punya konsep jitu.
(put)

No comments:

Powered by Blogger.